Kepentingan Bersama, Prinsip Penggunaan Karunia

Prinsip adalah sesuatu yang mutlak. Tidak perlu “tanya Tuhan”, sudah pasti jawabannya. Tidak perlu tanya Tuhan apakah kita harus mengampuni, karena kita harus selalu mengampuni, seperti Kristus sudah mengampuni. Sebagai contoh.

***

Perintah Tuhan untuk setiap individu, kelompok, dan golongan bersifat pribadi dan sangat subyektif yang kita semua tidak bisa menghakimi, kecuali secara khusus kita diberi pesan untuk disampaikan.

Ketika visi dan misi yang secara pribadi kita sudah dapat sudah ada diruang publik, maka tiba-tiba visi dan misi itu menjadi bagian dari Tubuh Kristus yang lebih besar, yang perlu DISELARASKAN (alignment) dengan bagian tubuh yang lain.

Itulah yang dikatakan Paulus sebagai KEPENTINGAN BERSAMA.

Ketika KEPENTINGAN BERSAMA terganggu, apalagi kepentingan nasional terganggu, apalagi kepentingan kemanusiaan (bangsa-bangsa, suku-suku) terganggu, sudah sepatutnya secara publik dipertanyakan.

Penggunaan karunia (gift) kepentingannya adalah untuk seluruh Tubuh Kristus. Itu PRINSIP yang tidak perlu ditanya lagi.

Sebab itu kalimat “Apa urusan kalian?” adalah contoh kalimat yang memperlihatkan ketidakmengertian prinsip sederhana yang sangat universal ini.

***

Ketidakdewasaan tubuh Kristus diperlihatkan dengan masing-masing menggunakan karunia, talenta, dan kekuatannya tanpa kita memperhatikan suasana kebatinan keluarga besar.

Lagi-lagi sebuah perenungan dan otokritik kita bersama. PRnya banyak¬†ūüėČ

#NewApostolicMission
#Otokritik

Coretan Lain:

Please follow and like us: